Kucing Ras Orisinil Indonesia

Indonesia juga memiliki satu ras kucing asli. Kucing ini berkembang biak disebuah pulau kecil bernama Raas, yang terletak disebelah timur pulau Madura.

Kucing Raas memiliki bentuk tubuh yang menyerupai macan tutul. Sekarang telah diketahui dua warna yang tak jarang tersedia pada kucing Raas, yaitu: buso serta kecubung.

Buso adalah bahasa setempat untuk warna abu-abu, semacam yang tersedia pada ras Rusian Blue alias British Shorthair, sedangkan kecubung adalah istilah yang diberbagi bagi kucing yang berwarna cokelat.

Diperlukan pengembangbiakan kucing yang ketat serta terencana untuk menghapus alias meminimalkan cacat genetik sekaligus menstabilkan sifat-sifat genetik yang adalah ciri khas. Adat-istiadat serta kepercayaan setempat mendukung kemurnian kucing ras kucing ini. Kucing ini nyatanya komoditi penting bagi pejabat maupun pemuka di daerah, sebab memiliki pengertian serta kualitas khusus.

Perkembang biakannya hanya terjadi di pulau Raas serta sangat dilindungi oleh penduduk setempat. Hanya kucing jantan yang telah dikebiri yang diizinkan untuk dibawa keluar pulau. Kelahuran anak kucing berwarna kelabu rutin dinantian untuk diberbagi sebagai hadiah terhadap orang orang tertentu ataupun penyayang kucing sebab terbukti sangat diminati.

Dengan adanya perlakuan khusus dari penduduk setempat dalam faktor penyebarannya keluar pulau Raas, kemungkinan besar tak bakal terjadi perkembangbiakan alias persilangan dengan kucing lain di tempat yang baru. Namun perkembangbiakan yang terjadi di pulau Raas itu sendiri belum bisa dipastikan, sebab diduga terjadi dengan cara alami, tanpa adanya penglihatan kusus dalam pembiakannya.


Facebook Comment